Rabu, 27 Oktober 2010

Setengah perjalanan di Ausi berlalu

Rabu, 27 Oktober 2010
Pagi ini Ms Vicky memasuki kelasku. Dia merombak komposisi kelas. Separuh kelasku pindah ke green clas begitupula sebaliknya. Kami diberi nomor berpasangan dengan nomor di kelas green. Aku masuk ke kelas green dengan nomor 1 difasilitatori oleh Mr Paul. Aku dfiminta salung tukar informasi tentanh hasil kunjungan di sekolah kemarin. Tentang pelajaran, guru, murid, fasilitas, interes siswa, adanya siswa luar negeri, kemampuan bahasa inggris siswa asal luar negeri dll ... ya pasti dengan with english. To practice speaking and listening. Aku berpasangan dengan pak Gendot.
Setelah istirahat kembalimemperbanyak vocab. Kali ini berhubungan dengan maya pelajaran sains. Kami dibagi menjadi 4 kelompok. Masing-masing kelompok mendapatlkan teks yang berbeda. Aku dengan topic breathing. Mencari highlight dengan kamus, melafalkan, memahami teks dan menceritakan kembali isi teks ke kelompok lain dengan bahasanya sendiri. Wah … betul-betul kursus bahasa inggris. Tapi yang menarik bagiku adalah metode dan variasi pembelajarannya.
Nah sekarang aku diminta membuat teks sendiri dengan materi sains. Aku berpasangan dengan pak Toni menuju ke lab komputer ICTE untuk mencari bahan. Aku memutuskan materi dengan topic Motion. Merancang pembelajarannya (yang biasa disebut tasks) dan worksheet atau media. Waktu tidak cukup sehingga hari ini harus selesai medianya. Aku harus menyelesaikan media di rumah kemudian emailkan ke Mr Paul. Besuk kami harus melakukan peer teaching dengan topic terplih.
Waktu pulang tinggal 30 menit. Aku diminta kembali ke kelas. Ternyata untuk bermain kuis, mirip seperti di TV. Kami dibagi 3 regu dengan masing-masing menamai nama binatang. Untuk menjawab regu harus menirukan suara binatang (sebagai bel cepat tepat). Kami di beri pilihan topik dan sekor yang diminta. Skor tinggi soal sulit. Setelah topik dan skor dipilih kami diberi sebuah kalimat pernyataan. Masing-masing regu berebut membuat kalimat tanya yang benar sesuai dengan pernyataan/kadang gambar yang muncul di layar. Wah rame seperti anak-anak di kelas. Kita saling eyel-eyelan dengan regu lain atau bahkan dengan Pau. Seneng, tertawa, lucu!!! Mumpung jadi siswa bias ngeyeli gurunya heee..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar