Kamis, 21 Oktober 2010

Ehh ternyata sudah kamis.



Kamis, 21 Oktober 2010
Jam 07.05 aku keluar dari kamar untuk menunggu bus 105. Tepat pukul 7.17 bus datang, aku naik bus dengan menempelkan kartu go card. Oh Ya, kartu go card adalah semacam sim card untuk naik kendaraan bus, city cat (angkutan sungai) dan train. Kartu sudah aku isi $50 yang cukup untuk satu minggu pp ke kampus dan jalan-jalan jika ada waktu. Aku sampai di kampus sekitar pukul 08.05. Bertemu teman dan jagongan di UQ adalah waktu yang menyenangkan setelah semalaman kesepian di kamar.
Pagi ini aku lupa kalau sudah hari kamis, aku kira masih hari rabu.
Sesi pertama pukul 08.45 hingga pukul 10.30 materi CLIL Fokcus on Pilar 1: Content- Relate4d learning outcames. Mr Paul mengawali dengan warming up dengan berdiri menggerak badan (mulat-mulet) kemudian dilanjutkan dengan kuis tebak kata. Kami dibagi menjadi dua kelompk yang saling berhadapan di pinggir kelas. Masing-masing kelompok diberi kerytas berisi kata baru yang didapat kemarin. Kami harus memperagakan huruf yang tertera sehingga membentuk kata. Dwellers, defunct, culprit, trigger. Pertama aku kebagian membentuk huruf D, kaki kananku aku lipat ….. kelihatan lucu dan menyenangkan. Teman-teman pada saling menfoto. Semua kata berhasil ditebak beserta artinya, yang tentu saja harus diartikan dalam bahasa inggris juga lho. Kemudian Paul memberikan sebuah kegiatan brainstorming. Kelompokku diberi selebar kertas. Kami harus menulis kata sebanyak-banyaknya yang berhunbungan dengan topik SICKNESS. Masing-masing kelompok selanjutnya diminta menyebutkan tiga kata yang paling dekat dengan kata Sickness. Selanjutnya Pau menyajikan tebakan kata. Dia menulis huruf g _ _ m _. Kami diminta menebak kata tersebut. Eh.. cepat tertebak. It’s GERMS.
Lima kalimat bersangkutan dengan kegiatan manusia sehari-hari ditampilkan di layar untuk didiskusikan. Which of these can make you sick? Kami harus mengutarakan ya atau tidak beserta alasannya.
Selanjutnya dibagikan teks berjudul How Germs affect the body. Aku harus baca, mencari kata sulit dan menjawab pertanyaan: How can you keep your body healthy? D iskusi kelas untuk menjawab pertanyaan. Karena teksnya hanya satu halaman diskusi cepat selesai. Enam pertanyaan ya/tidak disajikan... dilakukan diskusi pasangan kemudian kelompok selanjutnya diskusi kelas.
Kami kemudian diminta menuliskan skenario pembelajaran yang telah dilalui hari ini. Langkah – demi langkah harus ditulis berdasarkan pendekatan CLIL...... Oahhh waktu coffebreak hampir berakhir. Paul menantang kami untuk bertanya tentang dirinya. P Tri meminta Paul menceritkan tentang negaranya New Zeeland. Paul terlihat senang sekali, setelah dia menceritkan secara lisan dia melanjutkan dengan memutar film tentang Negaranya.
Istirihat, aku makan bontotan roti terang bulan yang aku bawa dari homestayku. Sssst ….sebenarnya namanya bukan terang bulan, ya supaya bisa makan enak aku beri nama terang bulan.
Sesi 2 jam 11.00 – 12.45 masih dengan Paul yang atraktif. Analysing Task Types. Aku diberi table analysis, kemudian Paul menjelaskan maksud dari masing-masing Focuse item Kami dibagi menjadi 7 kelompok berpasangan bergantian. Satu kelompok menghanalisis satu scenario pembelajaran yang telah diletakkan di 7 meja. Secara bergantian kami berputar dengan pasangan yang berbeda. Orang A beputar ke kanan, orang B berputar ke kiri.
Hasil analalisis didiskusikan bersama dalam kelas. Mr Paul mengutarakan jawabannya,. Dia menegaskan bukan berarti jawabannya yang paling benar, bias jadi jawaban kami yang benar.
Sesi 3 setelah istrirahat siang disajikan oleh Ms Vicky. Dia mengawali dengan memvbuat tebakan tentang dirinya. …..Ternyata dia sudah memilki 2 anak, menikah 5 tahun lalu. lahir di Brisbane, kecil sekolah di Perancis, umurnya ...secret.
Kegiatan dilanjutkan dengan member soal multiple choice tentang Brisbane… diskusi kelas. Di sekeliling kelas sudah terpasang gambar tempat-tempat terkenal di Brisbane. Kami harus menempelkan nama dari gambar tersebut. Ya repot, llha wong belum pernah ke tempat itu. Kira-kira ajalah.
Listening …. Dua orang melakukan pembicaraan. seorang bertanya tentang tempat tempat yang akan dikunjungi di Brisbane. Aku diminta mencari dari gambar tempat mana saja yang akan dikunjungi orang tersebut. Lestening sekali lagi …. Aku diminta menjelaskan tentang tempat-tempat tersebut berdasarkan pembicaraan kedua orang itu.
Sesi diakhiri dengan menampilkan peta Brisbane untuk mencari letak tempat-tempat terkenal.
Aku jadi pingin ke tempat tersebut. Teman-teman bertanya bagaimana caranya menuju ke Gold Coast, City, Lone Pine Koala, Southbank Parkland dllll ….
Hore …. Pulang. Jalan-jalan dululah daripada bengong sendiri di kamar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar