Senin, 25 Oktober 2010

Senin setelah hujan semalaman




Senin, 26 Oktober 2010
Pulang dari kota perutku sakit mungkin karena kebanyakan minum susu tanpa makan nasi. Dinner juga dengan Spagetti. Alhamdulillah pagi sudah tidak lagi diare. Semalam hujan disertai petir dan paginya mendung menyelimuti langit. Mataharipun enggan tersenyum dan menyapa saat aku keluar kamar. Udara mejadi sedikit hangat karena selimutnya. Kesmpatan aku memotret rumah rumah kosku tanpa harus berpapasan dengan sinar matahari. Oh ya, saat aku menunggu bus berangkat ke kampus harus menyeberang jalan.
Di kampus tidak ada teman yang duduk-duduk di luar karena tempay duduk pada basah. Jam 8.45 aku masuk ruang kelas Gold 331.
Ms Vicky yang segar ..... bertanya tentang liburan kemarin. Oohh Nice weekend. Kemudian mengajakku mengingat kembali vocabe yang ditulis kembali di buku. Dia membuat warm up dengan kuis kelas individu. Sebuah potongan kertas kecil berisi vocabe dibagigikan satu persatu. Orang aku harus bias mengarahkan orang lain yang dating agar dapat menebak kata yang aku pegang, akupun harus bertanya kepada yang lain. Lima belas kata haruys tertebak dalam waktu 10 menit.
During tasks. Kelas dibagi menjadi dua kelompok, berdiri dan diberi nomor masing-masing anggota. Aku nomor 4. Ms Vicky menempelkan kertas (yang berisi kalimat perintah). Secara berurutan kami mengambil potongan kertas dan membaca ke teman lain untuk dilakukan. Misal ”sit down!, put a paper!” dst. Setalah semua kertas terambil dan dilakukan. Ms Vicky bertanya apakah bentuk kalimat tersebut. Aku menjawab “kalimat perimntah” . Excelent sahut Vicky. Nah itulah yang akan kita bicarakan. Aku dipersilahkan kembali ke tempat duduk yang tadinya duduk bersila melingkar. Sebutkan ciri-ciri kalimat perintah agar mudah dilakukan siswa! Aku kemudian diberi lembaran yang berisi 10 tips kalimat perintah kepada siswa yang baik. Dari ciri-ciri dan 10 tips kalimat perintah aku disuruh berdiskusi kelompok. Kami diberi potongan-ptongan kertas yang berisi kalimat perintah satu bendel dan berisi kapan kalimat itu diberikan bendel yang lain. Kami harus mengelompokkan. Membandingkan hasil kelompokku dengan kelompok lain. Wow ... sangat berbeda. Persepsi yang berbeda tentang kalimat perimyah itu kapan diberikan. Ms Vicky selanjutnya membagikan pengelompokan sesuai persepsinya.
Aku harus mencari kata atau kalimat yang diberikan Vicky yang tidak dimengerti. Sulit demengerti siswa, atu terlalu panjang kalimatnya. Mengubah kalimat, mengganti kata agar mudah dimengerti dan dilakukan siswa.
Tak terasa saat cofeebreak tiba. Ms Vicky langsung meninggalkan kelas dengan akhiran yang kurang smooth menurutku. Banyak teman tidak sadar kalau pelajaran tekah berakhir.
Aku keluar makan bontotan roti bakar yang aku buat sendiri pagi-tadi, tentunya dengan mengajak teman makan bersama. Sebuah Jeruk juga cukup untuk aku nikmati 4 orang. Ya maklum ...teman-teman banyak yang tidak sempat bawa bontotan apalagi bapak-bapak. Aku bersyukur dapat menyiapkan breakfast sendiri sehingga bias aku bontot, semntara teman lain harus breakfast bersama host.
Sesi 2 pukul 11.00 hingga 12.45 digunakan Ms Vicky menyiapkan kunjungan ke sekolah besok pagi. Kelasku kebagian ke St James College di 201 Boundary Street Brisbane. Ms Vicky membagikan Classroom Observation Booklet yang berisi aturan Visiys to Australian Schools. Aturan yang sangat berbeda dengan Indonesia atau Jepang. Tidak boleh memotret siswa atau sekolah. Boleh betrbicara dengan guru model saat siswa belajar. Informasi sedikit tentang sekolah Australia juga ada di booklet. Tidak ada junior school. Primary school kelas 1 – 7 dan Secondary School kelas 8 – 12. Private school yang mahal dan harus antri mulai saat baru lahir dan Public school yang murah milik pemerintah.
Setekah istirahat pelajaran Listening and discussion. Walau Ms Vicky memberikan materi dengan aktraktif dan woooh …. Sueeger. Aku masih tetap harus memerangi ngantuk. Kerja kolompok mengidentifikasi benda laki-laki dan perempuan dan selanjutnya melihat dan medengar video untuk mengisi kalimat tanya di worksheet. Pembicaraan asli Australia yang dengan intonasi cepat. Wah telingaku buntu, juga teman-teman pastinya, sehingg video harus diulang tiga kali. Diskusi kelompok untuk check jawaban dan diskusi kelas untuk check jawab dan pertanyaan selanjutnya.
Delapan gambar berbegai ekspresi wajah seorang wanita ditampilkan. Aku diminta menyebutkan jenis emosi yang ditampilkan wajah. Time is up. Pulaan????!!!!
Aku langusng pulang walau aku sebenarnya tak suka segera nyampe rumah. Tidak ada teman di kampus dan di indooroopilly. Mungkin semua teman masih keletihan setelah weekend kemarin. Aku juga ngantuk dan payah. Sampai di kamar jam 4.50. Aku tidur hingga maghrib yang aku jamak dengan isyak jam 18.30. Makan malam nasi kuning campur kacang polong dan bubur lento.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar