Kamis, 04 November 2010

The Day after Tomorrow




Kamis, 4 Nopember 2010
Sesi pertama jam 8.45 hingga 10.30 terasa amat lama. Pembelajaran yang dibawakan oleh Ms Lisa berlangsung serius, tanpa kuis, tanpa game, tanpa tawa. Sebenarnya materi pertama hanya review atas semua materi yang telah diberikan oleh Ms Philippa, Ms Vicky dan Mr Paul. Kami dikelompokkan menjadi 4 kelompok. Masing-masing kerlompok diberi lembaran pajangan untuk membuat ringkaran materi. Aku masuk dalam kelompok 1 tentang CLIL, kelompok 2 tentang Content, kelompok 3 tentang Language dan kelompok 4 tentang Learning styles. Aku berputar untuk melihat dan menambahkan pajangan kelompok lain, begitu pula kelompok lain.
Berikutnya aku diberi 6 pertanyaan T/T tentang My learner’s. Gambar 8 anak yang lagi bermain di air bah karena banjir. Aku diminta mengamati dan memanfaatkan gambar tersebut untuk memulai pembelajaran. Dari pertanyaan dan penyataan yang kami utarakan itulah kemudian Ms Lisa mengajak untuk memilih langkah pembelajaran yang tepat. Ms Lisa menjelaskan karakteristik siswa dengan menggunakan diagram kartesius dengan sumbu mendatar Cognitive demands dan sumbu tegak Linguistic demands.
Pembelajaran berakhir dengan sedikit kebingungan untuk mencari kesimpulan dari pembelajaran. Sebenarnya materi dan urutan cara berfikir Ms Lisa bagus. Beliau sengaja membuat konflik konitif kami. Tapi dari konflik tersebut ada teman-teman yang menemukan jalan keluar dan ada pula yang masih tetap konflik hingga akhir pembelajaran. Aku tertarik dengan cara penyajiannya yang terbalik dari belakang ke depan yang bermaksud mengkonflikkan kebingungan.
Interactive Speaking Test dilakukan setelah coffeebreak. Dipanggil 3 orang berkelompok terdiri dari 3 orang. Diberi tema dan diminta melakukan diskusi antar teman. Mr Paul dan Ms Vicky menilai. Aku menyempurnakan tugas project 3 sambil menunggu giliran. Aku dapat giliran terakhir setelah pesta makan siang dan mendapatkan topik Your Homestay.
Farewell Function dengan diajak makan siang oleh Ms Philippa bersama Ms Vicky dan Mr Paul. Makanan Australia, gado-gado dengan bumbu salad sebagi makanan pembuka. Daging kambing bakar, nasi, dll… makanan utama dan kue ….(aku tidak ngambil karena sudah kenyang) sebagai kue penutup.
Malam ini Mr Sahab berpamitan padaku karena akan pergi dengan Ms Zeeba hingga Sabtu sore. Aku dititipkan host lain saat pulang sabtu pagi. Aku member gift kepadanya dan aku juga diberi gift untuk 4 my daughters. Aku meminta emailnya dengan alamat: newday@optusnet.com.au dan aku juga member kartu namaku.
Moga mala mini aku bias tidur nyanyak sehingga pagi cepat datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar